Belajar Bahasa Bali Sambil Ngakak

Aksara Anacaraka
Bali sebagai tujuan wisata mungkin sudah banyak yang tau. Termasuk anda mungkin lebih suka menghabiskan waktu liburan di tempat wisata di Bali. Namun kalau liburan ke Bali belum lengkap rasanya kalau hanya jalan-jalan dan mengunjungi tempat shopping di Bali. Anda perlu mengenal  Budaya Bali khususnya bahasa Bali. 

Anda bisa belajar bahasa Bali sebelum ke Bali atau saat liburan di Bali. Bahasa Bali adalah bahasa sehari-hari masyarakat Bali disamping bahasa Indonesia dan Inggris. Nah disini saya akan berbagi sedikit kata-kata lucu dalam bahasa Bali.

1. Arti Kata Kenyang
Dalam bahasa Bali kenyang artinya penis tegang alias ereksi. Makanya kalau anda ditawari makan oleh orang bali "Sudah makan bro?" lalu anda jawab "udah bli saya masih kenyang" jangan bingung kalau orang tadi tersenyum saat anda menjawab.

Kata kenyang sering sekali dipakai bahan lelucon dalam pergaulan sehari-hari. Jika belum percaya cobalah suatu saat  ajak guide lokal anda makan, setelah makan tanya dia "sudah kenyang bli?".

2. Di Bali Memek Artinya Ibu
Suatu hari teman saya tersenyum saat mendengar saya memanggil ibu saya "memek". Ketika tiba di kostnya dia tertawa ngakak sampai sakit perut, ternyata dia baru tau kalau "memek" artinya ibu.

Di Bali "meme" atau "memek" artinya ibu. Orang bali biasa menyebut "biyang" atau "memek" untuk panggilan ibu. Tentu saja kata ini jangan dipraktekkan diluar Bali, apa lagi sampai bilang "memek saya sakit" atau "kamu lihat memek saya?"

3. Bahasa Bali Celak
Celak kalau dalam bahasa inggris artinya "eyeshadow" kurang lebih. Tapi di Bali celak artinya penis. Dalam bahasa Bali eyeshadow biasanya disebut Cilak. Jadi jangan sampai saat berbelanja di pasar Sukawati anda bertanya "bli dimana tempat membeli celak"

4. Sing Lah Piss
Bahasa Bali "pis" atau "pipis" artinya uang, bukan buang air kecil. Jika anda di Bali suka pipis berarti anda suka uang. Makanya waktu SLANK teriak "piss..piss.." saat manggung di bali saya kira mereka mau bagi-bagi uang.

"Sing lah piss" artinya tidak punya uang. Jadi kalau ke Bali bagusnya kita banyak pipis tapi jangan sampai sembarangan pipis dan kebelet pipis. Saat membeli softdrink di pantai Padang Padang jangan bilang sing lah piss.

5. Arti kata Tiang
Tiang dalam bahasa Bali artinya "saya" walaupun kata ini jarang digunakan dalam pergaulan sehari-hari. Kata inipun sering dipakai lelucon, kata "tiang" biasanya diplesetkan menjadi tiang listrik atau tiang telpon.

Itulah sedikit kata-kata yang mungkin bikin anda ngakak dan menambah perbendaharaan kata-kata bahasa Bali anda. Nanti akan saya sambung lagi beberapa kata lucu lainnya.
Sharing artikel di atas ke teman anda Silahkan berlangganan artikel via email
Tweet This twitter facebook facebook google plus google rss feed rss

1 comments:

catatan-r10.com said...

waduh ngomong kenyang malah dianggap alat vital, untung orang bali sudah maklum dengan bahasa indonesia :)

*tentang entri "Video Turis Indonesia Diacuhkan Di Korea Selatan"

videonya sudah dihapus youtube karena pengaduan EBS (Educational Broadcasting System) :D

Post a Comment